blog visitors

Persaingan Antara Android Dan Meego

Persaingan Antara Android Dan Meego ~ Android saat ini mungkin bisa dikatakan sudah menjelma sebagai sebuah sistem operasi mobile phone yang paling laris di tahun 2012 ini. Namun saat ini telah datang OS baru yang merupakan penyempurnaan dari OS Maemo, yaitu Meego. Meego dan Android sama-sama running di Linux.
Persaingan Antara Android Dan Meego
Persaingan Android vs Meego

Lalu apa perbedaan antara Android dengan Meego.

OS Android
Sebuah sistem operasi milik Google. Yang diciptakan berdasarkan kernel Linux. Pada awalanya, OS Android merupakan milik Android.inc, yang selanjutnya dibeli oleh Google sampai saat ini. Sehingga Android compatible dengan semua layanan dari Google. Banyak vendor-vendor mobile-phone yang tertarik dengan sistem operasi ini diantaranya Sony Ericsson, Samsung, Motorola, HTC, LG, dll.

Android didistribusikan secara bebas, sehingga para programmer bebas membuat aplikasi untuk Android. Keunggulan lain dari Android adalah, Android memiliki "Touch screen capative", sehingga hanya bisa dipakai dengan jari asli bukan stylus, Memiliki "Accelerometer Chip", sehingga kita bisa membolak-balik layar dari potrait ke landscape atau sebaliknya sesuai kebutuhan pengguna, web browser yang cepat, interface yang jernih dan jelas, web browser Android memungkinkan kita untuk membuka beberapa halaman web sekaligus, aplikasi dan game untuk Android rata-rata memiliki ukuran kecil daripada rata-rata aplikasi iPhone, Windows, Mobile, Symbian.

OS Meego
Meego telah didukung oleh Intel dan Nokia. Terbukti dari produk Smartphone Nokia  akan menampilkan Windows Phone 7 dengan Meego didalamnya. Walaupun Meego telah didukung perusahaan raksasa seperti Nokia dan Intel, namun masa depan Meego patut untuk dipertanyakan. Pasalnya sampai saat ini Meego masih hanya digunakan di Nokia N900 dan beberapa Notebook. Meego juga tidak banyak memiliki aplikasi. Berbeda dengan Android yang memiliki banyak aplikasi yang sepertinya telah menarik perhatian pengembang karena OS Android yang didistribusikan secara bebas.

Beberapa aplikasi yang sudah mendukung Meego diantaranya browser Google Chrome yang sudah terintegrasi oleh social media, kamera, email, dan aplikasi. Didalamnya juga sudah ada browser Fennec yang mendukung flash. Fennec adalah browser bentukan dari Firefox versi mobile. Meego juga mendukung VOIP, Instant messaging, jaringan sosial, dll. Meego telah banyak mendapat dukungan dari beberapa perusahaan seperti Linux Foundation, Gameloft, Acer, Novell, ASUS, dll.

Seperti sebuah persaingan antar partai yang mendapat banyak dukungan atau berkoalisi dengan partai lainnya, mereka bersaing untuk memperebutkan pasar. Dengan beberapa analisa diatas, lantas siapakah yang kemungkinan akan menjuarai pasar? Kita tunggu saja dari perkembangan-perkembangan yang mereka lakukan.

Persaingan Antara Android Dan Meego 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

0 komentar:

Posting Komentar