blog visitors

Irshad Manji, Aktivis Islam Kontroversial Datang Ke Indonesia

Irshad Manji, Aktivis Islam Kontroversial Datang Ke Indonesia ~ Mungkin diantara pembaca ada yang belum tahu siapakah Irshad Manji dan kenapa kedatangannya ke Indonesia sempat berbau kontroversi. Irshad Manji adalah seorang muslimah dari Kanada dan berprofesi sebagai aktivis reformis Islam. Irshad Manji datang ke Indonesia untuk melakukan sebuah acara diskusi mengenai buku ciptaanya yang berjudul "Allah, Liberty, dan Cinta". Beberapa penolakan terhadap acara diskusi ini membuat rencana diskusi di Yogyakarta harus dibatalkan karena mendapat penolakan dari aktivis disana. Hanya di Solo yang berhasil digelar karena bisa dibilang bahwa acara diskusi di Solo tidak terdengar dari kalangan aktivis di Solo.
Irshad Manji, Aktivis Islam Kontroversial Datang Ke Indonesia
Irshad Manji dan bukunya "Allah, Liberty and Love"

Alasan kenapa Irshad Manji mendapat banyak kecaman saat datang ke Indonesia?. Irshad mengaku ingin membuat reformasi di dalam Islam. Dia berpendapat bahwa Isam perlu di reformasi, dari pakem Islam yang sudah ada ke bentuk Islam yang lebih liberal. Alasan kenapa Irshad berani menyuarakan hal tersebut adalah karena diperbolehkannya berijtihad. Irshad membuat sebuah Project Ijtihad. Dimana Irshad berusaha memperbarui Islam dengan "gaya baru yang lebih kreatif". Salah satu agendanya adalah dengan memperbolehkan pernikahan antar agama dan pluralistik yang terlalu bebas. Irshad juga mengkampanyekan tentang diperbolehkannya gay dan lesbian.

Dengan model pemikiran seperti itu, tentunya masyarakat Islam pada umumnya tidak bisa menerima bentuk pemikiran seperti itu. Mungkin hanya Jaringan Islam Liberal (JIL) dan kaum gay-lesbian saja yang bisa menerimaa begitu saja.

Bentuk-bentuk pemikiran Irshad memang tidak ada sumbernya, ia menyimpulkan demikian atas pemikirannya sendiri. Pemikiran Irshad yang memperbolehkannya hay dan lesbian dalam Islam, tentu tidak bisa diterima oleh masyarakat Islam di Indonesia yang masih memegang kuat ajaran Nabinya. Tidak heran jika Irshad banyak mendapat penolakan di Indonesia.

Irshad Manji, Aktivis Islam Kontroversial Datang Ke Indonesia
Irshad Manji, Aktivis Islam Kontroversial Datang Ke Indonesia 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

1 komentar:

Judhianto mengatakan...

Dalam Qur'an ditekankan bahwa tiada agama kecuali untuk yang berakal.

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi akal, oleh karena itu argumen berdasarkan Islam tidak akan kalah diadu dengan argumen abal-abal manapun.

Jika argumen Irshad Mandji (IM) adalah abal-abal, pastilah ia akan keok dibantai oleh argumen yang berdasarkan Islam.

Apakah argumen IM abal-abal? sayangnya itu tidak bisa dibuktikan, FPI membubarkan forum diskusi, yang bisa kita gunakan untuk membantai argumen IM.

Jangan-jangan FPI bukan termasuk golongan berakal yg ditunjukkan Qur'an.
Bila ini adalah pertandingan bola, FPI mencegah kesebelasan lawan bertanding karena takut kalah dalam pertandingan yang adil. FPI hanya seperti pecundang yang men-sabotase pertandingan.

Jangan-jangan beginilah sikap kita terhadap kelompok lain, kita tidak yakin dengan argumen kita sendiri hingga takut berhadapan langsung dengan pihak pertama dan memilih mendengarkannya dari pihak ketiga.

Saya salut dengan IM, walaupun tidak saya setujui semua pendapatnya. Saya berani menilai karena saya telah membaca bukunya dan bukan hanya mendengar dari komentar pihak ketiga. Yakinlah anda, bila Islam anda adalah untuk orang berakal, argumen apapun tidak akan mampu mengalahkannya.

Jadilah anda pembela Islam yang berani menghadapi yang berbeda dalam pertarungan argumen, bukan mencegah lawan anda berargumen.

Anda pemberani? buktikan dengan membaca bukunya, menemukan kesalahannya. Bukan benci hanya karena kata ustad ini atau ustad itu, yang bahkan belum pernah membaca bukunya karena takut imannya luntur.

Buku IM: Beriman Tanpa Rasa Takut dapat anda unduh di http://nontondunia.com/e-book/

Poskan Komentar