blog visitors

Sejarah Penemuan Penjepit Kertas

Priambodotommy say ~ Kadang-kadang kita tidak terlalu memperdulikan hal-hal kecil disekitar kita, misalnya salah satu barang kecil ini, penjepit kertas. Benda ini kecil, tapi bisa jadi sangat dibutuhkan. Misalnya dalam acara pengumulan berkas/formulir beserta dengan fotokopian KTP atau sebagainya, kita akan kesulitan untuk mensatukan kedua berkas ini jika tidak disatukan dengan penjepit kertas ini. Bisa jadi ini menentukan lamaran anda bisa disetujui atau tidak. Coba bayangkan jika persyaratan anda tercampur dengan berkas milik pelamar lainnya. hohoho..
Sejarah Penemuan Penjepit Kertas
Penjepit Kertas temuan Samuel Fay

Lalu bagaimana awal mula benda kecil nan manfaat ini ditemukan? Jika kita lihat penjepit kertas hanyalah sebuah kawat yang berbentuk oval atau segitiga, namun dulu tidak terpikirkan untuk menggunakan benda ini sebagai penjepit kertas. Hingga akhirnya pada tahun 1867 Samuel Fay menggunakannya sebagai penjepit kertas untuk pertama kalinya dan diptenkan sebagai penjepit tiket. (No paten #64,088 23 April 1867).
Sejarah Penemuan Penjepit Kertas
Erlman. J. Wright

Kemudian Erlman J. Wright tahun 1877 membuat desain penjepit kertas yang baru yang digunakan untuk mengikat koran, lembaran kertas, dokumen, dll.

Penjepit kertas moderen diciptakan oleh William D. Middlebrook dari Waterbury, Connecticut. Middlebrook dan dipatenkan pada 27 April 1899 dengan nomor paten #636,272. Beliau pula yang menciptakan mesin pembuat penjepit kertas. Kemudian karya cipta Middlebrook ini dibeli oleh Cushman and Denison sebuah perusahaan yang begerak di bidang bisnis alat-alat perkantoran. Penjepit kertas ini perkenalkan dengan merek dagang GEM.

Sebenarnya pencipta dan pemilik hak paten penjepit kertas sangatlah banyak, hal ini dikarenakan adanya perbedaan disain. Tahun 1899 seorang Norwegia Johan Vaaler mempatenkan penjepit kertas di Jerman yang kemudian tahun 1901 alat tersebut mendapat paten di Amerika dengan nomor #675,761. Masyarakat Norwegia merasa bangga atas penemuan ini dan menganggap Vaaler sebagai penemu sejati.

Selama pendudukan Nazi di Norwegia pada Perang Dunia ke II, orang Norwegia menjadikan penjepit kertas sebagai lambang persatuan nasional. Karena Nazi melarang orang Norwegia memakai kancing berinisial Raja Norwegia, maka mereka mereka menjepitkan penjepit kertas di kerah baju sebagai simbol solidaritas dan penentangan Nazi. Tak jarang penggunaan penjepit kertas ini menjadi alasan penangkapan warga.
Sejarah Penemuan Penjepit Kertas 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

0 komentar:

Poskan Komentar