blog visitors

Mengenal Virus Komputer

Mengenal Virus Komputer
Priambodotommy say ~  Ini dia salah satu penyebab komputer kita gk enak lagi dipake. Virus komputer, saat ini sudah mengalami evolusi dalam hal cara kerjanya dan akibat yang ditimbulkannya. Berbagai jenis virus sudah tersebar diseluruh dunia, baik yang mampu "diatasi" maupun yang tidak. Tapi apa para pembaca tahu defenisi dari virus komputer? Nah, kali ini kita akan membahas apa itu virus komputer.

Definisi Virus Komputer
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya kedalam program atau dokumen lain. Virus komputer dpat di analogikan seperti virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri kedalam sel makhluk hidup.

Sejarah Virus Komputer
Virus komputer tercipta bersamaan dengan terciptanya komputer. Tepatnya pada tahun 1949, pencipta Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) yang juga merupakan salah satu pencipta komputer, John Von Newman memaparkan makalah salah satu hasil penemuannya. Makalah tersebut berjudul "Theory and Organization of Complicated". Didalam makalah tersebut dibahas tentang kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya.

Selanjutnya perkembangan virus komputer dilakukan pada tahun 1960 di AT&T Bell Laboratory. DI Lab ini peneliti membuat sebuah program berdasarkan temuan John Newman tersebut. Pada waktu istirahat, para peneliti membuat sebuah permainan dengan suatu program yang mampu memperbanyak dirinya, menghancurkan lawan, dan mampu memperbaiki dirinya sendiri secara otomatis.

Permainan ini disebut dengan Core War. Tetapi semakin lama, program yang diciptakan semakin berbahaya.  Akhirnya, karena sadar akan bahaya yang ditimbulkan program tersebut, maka setiap selesai permainan, program itu dihapus.

Di Indonesia pernah digemparkan oleh virus yang bernama (c)Brain, atau lebih dikenal dengan virus Pakistan. Hal tersebut terjadi pada tahun 1988.

Cara Kerja Virus Komputer
Virus komputer umumnya akan merusak perangkat lunak komputer. Dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negative virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer menjadi kurang signifikan. Hampir 95% virus komputer menyerang Windows. Sisanya menyerang Linux, Mac, OS/2 IBM. Virus yang ganas akan menyerang perangkat keras.

Jenis-jenis Virus Komputer
Menurut cara kerjanya dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. Worm
    Menduplikat dirinya sendiri pada hardisk, membuat sumberdaya penuh akan worm
2. Trojan
    Mengambil data pada okomputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri
3. Backdoor
    Hampir sama dengan trojan. Namun, backdoor biasanya menyerupai file yang baik-baik saja.
4. Spyware
    Virus yang memantau virus tang terifeksi.
5. Rogue
    Program yang menyerupai antivirus adan menampilkan layaknya antivirus normal dan memberikan      peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya agar pengguna mengaktivasi program tersebut dan menghasilkan uang kepada peembuat rogue tersebut.
6. Rootkit
    Virus yang menyerupai kerja sistem kompuuter yang biasa saja
7. Polymorphic Virus
    Virus yang egemar berubah-ubah agar tidak terdeteksi
8. Metamorphic Virus
   Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar tidak terdeteksi
9. Virus Ponsel
    Virs yang berjalan di telepon seluler

Cara Mengatasi
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan program antivirus.Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/signature-based detection), heuristik, atau perangkat dari program itu sendiri (Quantum). Aplikasi antivirus dapat mengenali komputer yang terinfeksi virus atau tidak. Umumnya perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua jenis berkas yang diakses.

Cara Kerja Antivirus

  1. Pendeteksian dengan Menggunakan Basis Data. Cara kerja yang banyak dilakukan oleh antivirus lokal, yang mencari tanda-tanda keberadaan virus dengan mendeteksi sebagian kecil kode virus yang sudah dianalisis oleh vendor antivirus.
  2. Pendeteksian dengan melihat bagaimana virus bekerja. Cara kerja ini merupakan pendekatan baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrussion Detection System (IDS). Cara ini juga disebut dengan Behavior-Blocking.
Mengenal Virus Komputer 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

0 komentar:

Poskan Komentar